Cara Potret Light Pinting/Light Photography

Fotografi light painting atau lukisan cahaya sangat indah dan dramatis, dan hampir sama dengan memotret kilat. Dalam memotret kilat, ini berarti kontras tinggi antara gelapnya malam dan terangnya cahaya kilat menghasilkan foto yang sangat kuat. Light painting lebih lembut dan lebih halus, tetapi masih memiliki kontras tinggi yang sama serta efek dramatis. Berikut adalah beberapa tips dan teknik yang dapat membantu anda mendapatkan foto light painting atau lukisan cahaya yang bagus.

Atur kamera ke mode manual
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika bersiap untuk fotografi light painting adalah mengatur kamera ke mode manual. Karena semua persiapan dilakukan dalam kondisi gelap, kamera tidak dapat secara otomatis mengatur fokus, eksposur, diafragma, ISO, white balance, dan lain-lain dengan tepat.

Gunakan tripod
Kamera wajib menggunakan tripod karena anda akan mengambil foto dalam kondisi cahaya rendah. Meningkatnya waktu eksposur dan ISO tinggi akan menjamin hasil blur dan noise jika kamera anda tidak pada platform yang stabil. Ini juga berarti anda bisa melakukan hal ini sendirian.

Mengatur fokus terlebih dahulu
Atur fokus secara manual sehingga cahaya akan tampak tajam dan fokus. Anda dapat menggunakan lampu untuk mengatur fokus dan kemudian mematikannya ketika memotret. Atur eksposur antara beberapa detik hingga beberapa menit. Eksposur yang tepat tergantung pada berapa lama anda akan memotret dengan sumber cahaya yang digunakan untuk melukis. Bukan hanya itu, lebih lama eksposur  berarti background akan lebih terang dan jelas, bahkan jika dilakukan di malam hari.

Jangan lupa flash kamera
Untuk menggambar  dengan cahaya, anda dapat menggunakan sumber cahaya eksternal seperti senter atau glow stick, sehingga flash kamera tidak terlalu diperlukan. Tetapi beberapa orang menggunakan flash untuk menciptakan efek stroboscope. Anda dapat mengatur flash untuk memotret pada waktu tertentu.

Bermain-main dengan background
Lukisan cahaya pada dasarnya sangat menarik, tetapi pilihlah sebuah tempat atau lingkungan yang bagus untuk melengkapi lukisan anda. Lampu yang anda gunakan untuk melukis akan menerangi obyek pada background dan membuatnya lebih menarik. Cobalah pengaturan kamera berbeda untuk menerapkan filter berbeda dan mendapatkan efek yang berbeda pula. Misalnya, mengubah white balance akan memberikan suhu warna yang berbeda untuk lukisan cahaya anda. Cobalah semua pengaturan kamera, karena kita tidak tahu suatu kebetulan bisa menjadi hasil foto yang terbaik.

More

Whats Hot

Most Trending

Ads