Cara Potret Silhouette

 
Sebuah foto yang bagus tidak berbeda dengan karya seni lainnya, dalam hal ini harus memperoleh emosi dan melibatkan orang yang melihat. Salah satu cara untuk melibatkan orang yang melihat foto dan mendorong mereka untuk menafsirkan gambar adalah dengan memanfaatkan foto siluet.

Siluet Melibatkan Orang Yang Melihat
Alasan sebuah foto siluet begitu menarik adalah karena mereka begitu terbuka untuk interpretasi. Misalkan foto siluet dari seorang pria duduk sendirian di bangku taman saat matahari terbenam. Apakah dia sedih dan kesepian karena istrinya telah meninggal? Apakah dia sedang bersantai? Apakah dia akhirnya mencapai tujuan penting dalam hidupnya?  Apakah ada nuansa agama? Serta berbagai macam pertanyaan lainnya.

Fotografer mungkin memiliki semua atau tidak satu pun dari tema tersebut dalam pikiran ketika membuat gambar ini. Interpretasi tersebut ditentukan oleh pola pikir pemirsa sendiri. Orang yang melihat foto tersebut tanpa sadar memproyeksikan harapannya sendiri, ketakutan, dan suasana hati pada foto siluet.

Alasan untuk ini adalah sederhana. Otak Anda terus-menerus bekerja untuk mengisi detail dari apa yang tidak diketahui. Dalam sebuah foto seperti ini, siluet ini memberikan ketidaktahuan yang besar tetapi dapat ditafsirkan.

Teknik Memotret Siluet
Memotret foto siluet adalah keterampilan fotografi menengah. Teknik ini sedikit rumit, dan harus melakukan beberapa percobaan dan kesalahan pada upaya pertama sebelum Anda menjadi mahir.

Bukaan dan Fokus yang Selektif
Pertama, fokus kamera pada objek terutama objek manusia. Kita ingin garis siluetnya menjadi tajam dan dalam fokus yang sempurna. Disini disarankan menggunakan bukaan besar, khususnya f8 atau lebih tinggi. Alasan untuk ini adalah kita ingin latar belakang pada fokus yang baik juga, sesuaikan shutter speed-nya sampai Anda mendapatkan bukaan yang tepat.

Cobalah beberapa tembakan dan memeriksa gambar pada layar LCD Anda. Jika Anda menggunakan semua pengaturan dengan benar, Anda pasti mendapatkan matahari terbenam dan lautan terekspos dengan sempurna, dengan oblek Anda ditampilkan sebagai siluet.

Lingkaran cahaya dan Siluet
Anda dapat membuat siluet Anda dengan efek lingkaran cahaya yang menarik di sekitarnya. Jika Anda menginginkan efek ini, objek bergerak langsung di depan matahari terbenam. Ini akan menciptakan sinar, atau lingkaran cahaya yang selanjutnya akan menyempurnakan objek Anda. Efek seperti itu jelas akan mempengaruhi interpretasi pemirsa pada foto siluet Anda.

Gunakan Objek Apapun
Objek apapun dapat dibuat menjadi siluet asalkan kita menggunakan backlighting atau cahaya latar. Ini tidak harus manusia. Sebuah siluet pohon, sepeda, atau benda sekitar yang dipilih dapat menambah daya tarik sebuah adegan.

Kesimpulan
Siluet menambah kesan misteri dan intrik untuk gambar apapun. Karena otak kita mengisi detail dari apa yang tidak diketahui, siluet menuntut keterlibatan yang lebih kuat dan interpretasi dari pemirsa. Dengan menggunakan backlighting atau cahaya latar, dan mengekspos adegan dengan benar untuk latar belakang, kita dapat menciptakan siluet indah dan menarik pada hasil fotografi kita.

More

Whats Hot

Most Trending

Ads